Rr Ayu Maulida Putri

PUTERI INDONESIA 2020

MISS UNIVERSE INDONESIA 2020

  • NAME

    Rr Ayu Maulida Putri

     

  • HOME TOWN

    Jawa Timur

  • AGE

    22

  • HIGHT

    178

BIOGRAPHY


          Rr Ayu Maulida Putri terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 pada Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jumat 6 Maret 2020 yang diselenggarakan oleh Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk.

Ayuma sapaan akrabnya, lahir di Surabaya pada 11 Juli 1997. Perempuan berusia 23 tahun ini berhasil mengalahkan 38 finalis lainnya yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dalam Pemilihan Puteri Indonesia 2020, ia merupakan perwakilan dari Jawa Timur yang dimahkotai oleh pendahulunya Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull asal DKI Jakarta 1 dan Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi asal Afrika Selatan.

Peraih gelar Sarjana Hukum Universitas Airlangga ini memiliki advokasi bernama Senyum Desa. Berawal dari pembangunan dalam negeri yang tidak merata sangat dirasakan oleh penduduk desa. Faktor utama memang sangat beratnya kondisi perekonomian di desa yang menyebabkan pendidikan masyarakat desa tergolong sangat rendah. Pendidikan di desa jelas tidak seindah yang dapat dibayangkan dengan daerah perkotaan sehingga banyak sekali hal-hal yang patut kita perdulikan. Sebagai contoh dengan tidak memadainya segi fasilitas sekolah, pengajar yang tidak berjumlah banyak, pola pikir masyarakat yang tidak mengutamakan pendidikan atau bahkan murid yang telanjang kaki tak beralaskan sandal terlebih sepatu bukan hal yang mengejutkan untuk masyarakat desa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Ayuma dan beberapa temannya mendirikan komunitas “SENYUM DESA” pada tahun 2018 yang peduli dan turun langsung untuk membantu permasalahan tersebut dengan program-program yang mereka buat meliputi pemberdayaan perempuan dan anak anak desa tentang pentingnya pendidikan dengan memberikan penyuluhan dan seminar untuk tidak takut bermimpi, memberikan bantuan fasilitas-fasilitas pendidikan seperti buku, perpustakaan mini dan alat penujang kebutuhan sekolah serta memberikan penyuluhan tentang peluang peluang dan potensi desa sehingga bisa menjadi penunjuang untuk kemandirian desa.

Oleh karena itu dengan adanya “SENYUM DESA“ ini mempunyai harapan untuk memberikan perubahan di Indonesia, terkhususnya masyarakat desa.Dari adanya pergerakan kecil yang Senyum Desa lakukan, ia percaya kelak akan berdampak besar terhadap masyarakat luas.

“Nothing worth having comes easy” menjadi motto Ayuma ketika ditanya mengenai perjuangannya menjadi Puteri Indonesia. Pada tahun 2017, ia sempat mengikuti Pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur namun belum mendapatkan kesempatan untuk menang, kini ia berhasil membawa nama Provinsi Jawa Timur di ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020 dan berhasil menjadi Puteri Indonesia 2020 serta akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020. Ia yakin akan melakukan apa yang ia mampu dan berusaha semaksimal mungkin dalam merepresentasikan perempuan Indonesia ke mata dunia sesuai dengan apa yang sudah dipersiapkan oleh Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk.

Tahun ini, Ayuma akan dipersiapkan oleh Yayasan Puteri Indonesia dan PT. Mustika Ratu Tbk untuk mengikuti ajang Internasional yaitu Miss Universe 2020. Banyak persiapan dan pembekalan yang akan dipelajari Ayuma sebelum keberangkatannya seperti Make Up Class dan Hair do dari Beauty Queen Series dari Mustika Ratu, perawatan tubuh dari Taman Sari Royal Heritage Spa, public speaking, Bahasa Inggris dari Wall Street English, manners, pengetahuan dan wawasan, dan pengolahan tubuh dari Paradigm Fitness.

 

Connect With Us