Putu Ayu Saraswati

PUTERI INDONESIA LINGKUNGAN 2020

MISS INTERNATIONAL INDONESIA 2020

  • NAME

    Putu Ayu Saraswati

  • HOME TOWN

    Bali

  • AGE

    22

  • HIGHT

    173


BIOGRAPHY

        Putu Ayu Saraswati, wanita yang merupakan wakil Provinsi Bali ini berhasil meraih gelar Runner Up 1 Puteri Indonesia 2020 dan menjabat sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020. Selain meraih gelar runner up, Ayu sapaan akrabnya juga meraih gelar Puteri Indonesia Favorit Kepulauan Bali dan Nusa Tenggara 2020 pada Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang diselenggarakan oleh Yayasan Puteri Indonesia dan PT. Mustika Ratu Tbk di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jumat, 6 Maret 2020.

Putu Ayu merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yang lahir dan tumbuh besar di Bali. Ia merupakan penyayang binatang terutama reptil. Hobinya adalah wisata kuliner dan pergi ke pasar lokal untuk mencari rasa otentik dan hidangan lokal. Untuk menyeimbangkan hasratnya akan makanan, ia secara teratur melakukan yoga, terutama bikram (yoga di ruang panas dengan suhu 42 derajat celcius).

Sarjana Kedokteran Universitas Udayana yang memiliki segudang prestasi ini juga aktif bergabung di komunitas Ketimbang Ngemis. Tujuannya adalah untuk menemukan "Sosok Mulia", sebagian besar berasal dari lansia dan penyandang disabilitas yang masih memilih bekerja daripada mengemis untuk berjuang memenuhi kebutuhan finansial mereka.Menjadi bagian dari komunitas ini membuatnya menyadari bahwa masih banyak lansia yang hidup dalam kesulitan di saat kondisi fisik mereka yang seharusnya banyak beristirahat dan menikmati hidup.

Putu Ayu percaya bahwa Puteri Indonesia memiliki visi dan misi yang selaras dengan nilai-nilai yang ia yakini yaitu women empowerment. Yayasan Puteri Indonesia memberikan wadah dan mendukung setiap wanita dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing, tanpa memandang siapa kita dan dari mana kita berasal untuk membuat perubahan positif dalam masyarakat. Dan ia ingin menjadi bagian dari perubahan tersebut dan menjadi perempuan yang dapat menggerakkan aktivitas-aktivitas berkenaan dengan cinta lingkungan.

Setelah terpilih sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020, banyak kegiatan lingkungan yang akan dilakukan Ayu. Ini merupakan kesempatannya untuk semakin menanamkan nilai- nilai cinta terhadap lingkungan kepada generasi muda Indonesia. Sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Ayu dipersiapkan Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk untuk mewakili Indonesia di ajang Miss International di Jepang. Berbagai persiapan tentu diberikan kepadanya seperti kursus make up dan hair do dari Beauty Queen Series dari Mustika Ratu, perawatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa, pelatihan public speaking dan manners, pengolahan tubuh dari Paradigm Fitness serta kursus bahasa Inggris dari Wall Street English.