NEWS

Erina Sofia Gudono terpilih menjadi Puteri Indonesia Daerah Yogyakarta 2022

Yogyakarta, Jawa Tengah Erina Sofia Gudono terpilih sebagai Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 setelah menyisihkan Shania Binti Mahir Hamdun sebagai Runner Up 1 dan Rr. Bita Saraswati sebagai runner up 2 paada Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia Daerah Yogyakarta 2021-2022 yanag digelar di Ballroom Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Selasa, 14 Desember 2021. 

Sebanyak 10 finalis turut memperebutkan mahkota Puteri Indonesia Daerah Yogyakarta.   Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, dewan juri yang terdiri Mega Angkasa, dari Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu, Santi Vita Nurrohmah, Direktur Operasional Sheraton Mustika YogyakartaResort & Spa,  Aline Laksminingtyas, M.Psi, Psikolog - Puteri indonesia DIY Photogenic & Intelegensia 2015, Rosa Ayuning Sasmita - Recruitment & Employer Branding Specialist, Linda Susanti - Fashion Designer & Owner Griya Ageman memutuskan Top 5 untuk melangkah ke tahap selanjutnya yaitu Top 3 yang akan memperebutkan mahkota Puteri Indonesia Jawa Tengah.

Setelah menjawab pertanyaan dari dewan juri akhirnya terpilih Top 3 yaitu Erina Sofia Gudono,  Shania Binti Mahir Hamdun dan Rr.Bita Saraswati.

Pada tahap Top 3 akhirnya Erina Sofia Gudono terpilih menjadi Puteri Indonesia Daerah Yogyakarta 2022 dan  berhasil menyisihkan Shania Binti Mahir Hamdun  terpilih sebagai Runner up 1 dan Rr. Bita Saraswati sebagai Runner Up 2. Selanjutnya Vania Zerlinda terpilih sebagai Puteri Indonesia Favorit dan sebagai Erina Sofia Gudono terpilih sebagai Puteri Indonesia Intelegensia.

Malam Puncak Grand Final Puteri Indonesia Yogyakarta  dihadiri oleh Haryadi Suyuti selaku Walikota Yogyakarta dan Ibu Hj. Tri Kirana Muslidatun, S.Psi, KGPH Dipokusumo dan Ibu Febri Hapsari Dipokusumo, Direktur PT Mustika Ratu Tbk dan Juga Ketua Pemilihan Puteri Indonesia Nasional, Kusuma Ida Anjani , Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Jodi Suryokusumo dan Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Jihane Almira Chedid.

Dalam sambutannya, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti  mengatakan bahwa Perempuan punya kesempatan dan kemampuan yang sama untuk maju dengan mengembangkan bakat dan keterampilannya. Ajang Pemilihan Puteri Indonesia akan mengembangkan dan melahirkan perempuan perempuan berbakat yang membuat bangsa menjadi kreatif dan inovatif sebagai duta budaya dan duta wisata.  Puteri indonesia akan menjadi Marketing brand di setiap daerah dan menciptakan lokal brand daerah. Tantangan pandemi covid dan penurunan kondisi sosial ekonomi akibat pandemi berkepanjangan membutuhkan agen agen perubahan yang dapat mendorong pemberdayaan masyaralat guna meningkatkan  taraf hidup. Harapannya Puteri Indonesia terpilih mampu membawa nama besar indonesia, khususnya Daerah Yogyakarta  dengan terus mempertahankan aspek aspek kearifan lokal.

Sebelumnya para finalis juga telah mengikuti proses karantina yang di mulai pada tanggal 13 Desember 2021 di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Spa & Resort.  Mereka mendapatkan berbagai pembekalan dan pengetahuan seperti Beauty Class dari Mustika Ratu, Pembekalan Wawasan Nusantara & Wisata dari Kementerian Pariwisata, Pembekalan Mental Health, Pembekalan End to Drugs oleh Geram & BNN,  kelas Mustika Ratu Entertainment (MRE), kelas Public Speaking oleh Talk Up Indonesia, Pembekalan dari Ibu Hj. Tri Kirana Muslidatun, S.Psi dan Sharing Class bersama Puteri Indonesia Jawa Tengah 2020, Jihane Almira.

Direktur PT Mustika Ratu Tbk dan Juga Ketua Pemilihan Puteri Indonesia Nasional, Kusuma Ida Anjani menjelaskan bahwa PPI Daerah diadakan di 10 provinsi Indonesia dengan memberikan pembekalan  beauty class kepada finalis Puteri Indonesia, hal ini dikarenakan pada masa pandemi potensi kosmetika meningkat drastis sehingga perlu di edukasi bagi remaja akan kosmetik yang aman, sehat dan halal bersama produk Mustika Ratu untuk merawat diri dan menjaga kesehatannya. Yayasan Puteri Indoensia diridikan 30 tahun lalu dengan komitmen menjaring perempuan Indonesia tidak hanya cantik namun juga smart dan cerdas sehingga dapat bersaing di dunia internaisonal. Kami juga Mengapresiasi Walikota Yogyakarta yang telah memberikan fasilitasi  suport  pada ajang PPID Yogyakarta. Harapannya semoga mampu menjadi  motivasi dan memberikan semangat positf untuk kemajuan kota Yogyakarta.

Ketua Bidang Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia, Mega Angkasa mengatakan sudah ada beberapa daerah yang telah menyelenggarakan dan telah memilih wakil terbaiknya untuk mengikuti ajang PPI tingkat nasional di Jakarta.

“Saat ini sudah terpilih wakil wakil terbaik dari beberapa provinsi seperti Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara dan Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan Yogyakarta,” ujarnya.

Menyusul provinsi lainnya dalam waktu dekat ini, Provinsi Kalimantan Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat,“ Jelas Mega.

Kontes kecantikan Pemihan Puteri Indonesia merupakan kontes kecantikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Puteri Indonesia sejak tahun 1992.

Mega juga menjelaskan untuk PPI 2022 memiliki perbedaan dari PPI tahun tahun sebelumnya.  Dimana sebelumnya Finalis Puteri Indonesia berjumlah 39 finalis mewakili dari 34 provinsi di Indonesia, untuk PPI 2022 akan menjadi 45 finalis Puteri Indonesia dari 34 provinsi.

“ Iya benar, jumlah finalis Puteri Indonesia 2022 tahun ini akan berjumlah 45 orang, selain memilih 39 Finalis Puteri Indonesia dari 34 provinsi, akan ada tambahan 6 finalis Puteri Indonesia Kepulauan Favorit, mewakili Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali + Nusra dan Indonesia Timur  yang dipilih berdasarkan hasil voting tertinggi.

Untuk pemilihan Puteri Favorit Daerah seluruh masyarakat termasuk seluruh pendukungnya dapat memberikan vote sebanyak banyak kepada Finalis Puteri Favorit pilihannya dengan VOTE melalui link vote.puteri-indonesia.com atau vote melalui scan barcode QRIS.

Semua memiliki kesempatan dan peluang  yang sama untuk meraih gelar Puteri Indonesia yang akan dikirim ke ajang Miss Universe, Puteri Indonesia Lingkungan akan mengikuti ajang Miss International dan Puteri Indonesia Pariwisata akan mengikuti ajang Miss Supranational, ” ujar Mega. 

Untuk Informasi Lebih Lanjut:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

Corporate Communication

Telp. (021) 830 6754

logo.png

GEDUNG GRAHA MUSTIKA RATU LT.PH

Jl. Gatot Subroto No.74-75, RT.2/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870

Follow Us

Copyright © Puteri Indonesia 2021
Iveenven