Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu Gelar Perhelatan Akbar Pemilihan Puteri Indonesia 2023

Jakarta, 12 Mei 2023 – Yayasan Puteri Indonesia (YPI) didukung penuh oleh PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kembali menggelar ajang tahunan bergengsi Pemilihan Puteri Indonesia ke 26 tahun 2023 dengan mengusung tema “Melalui Puteri Indonesia 2023 kita bangun generasi berintegritas, menjunjung keragaman budaya sebagai makna baru kecantikan” dan mengangkat kekayaan budaya dan keindahan dari Provinsi Lampung.
 
Sebanyak 45 Finalis Puteri Indonesia dengan berbagai profesi mahasiswi, dokter, model, pengacara, public figure, karyawati dan pengusaha siap berkompetisi untuk memperebutkan 3 (tiga) mahkota Borobudur yang baru yang lebih mewah, agung dan mempesona persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT) untuk Puteri Indonesia 2023, yang terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata.
45 finalis Puteri Indonesia dari 34 provinsi sudah berada di Jakarta, dimana sebelumnya telah mengikuti berbagai kegiatan Pra Karantina selama 8 hari termasuk mengunjugi provinsi Lampung dari tanggal 8-10 Mei untuk mempromosikan dan memperkenalkan  pariwisata dan budaya provinsi lampung. Hari ini mereka siap untuk menjalankan masa karantina dan mengikuti press conference Pemilihan Puteri Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Medan Room, Hotel The Westin Jakarta, Jumat (12/5).

Hadir sebagai Panelis dalam Konferensi Pers Puteri Indonesia 2023, Ketua Dewan Penasehat  Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani,Ketua Tim Penggerak PKK/Ketua Dekranasda  Provinsi Lampung, Ibu Riana Sari Arinal,  EVP Corporate Communication & Social Responsibility PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Hera F. Haryn Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. DR. Wardiman Djojonegoro, Director Marketing Communication Hotel The Westin Jakarta, Yudith Dwi Astuti, Puteri Indonesia 2022,Laksmi De Neffe Suardana, Putri, Puteri Indonesia Lingkungan 2022, Cindy May Mc Guire  dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022, Adinda Chreseilla dan pembawa acara dipandu oleh Puteri Indonesia Intelegensia 2019, Anastasia Praditha dan Filipus Adimas.

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022 ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan dikalangan remaja puteri Indonesia terhadap potensi kekayaan budaya dan keindahan alam tanah air, khususnya di bidang pariwisata untuk memperkuat kebhinekaan bangsa bagi generasi muda. Kami ingin mendorong para remaja puteri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas  dan potensi yang beragam. Kami berharap melalui penyelenggaraan PPI 2022 ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengangkat kembali Indonesia, khususnya dibidang pariwisata dan industri kreatif, ”  tutur Putri saat konferensi pers di Jakarta, (12/5).

Selanjunya Ketua Tim Penggerak PKK/ Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengatakan Provinsi Lampung menyambut baik dan memberikan dukungan penuh dipilihnya Provinsi Lampung sebagai tema dalam Pemilihan Puteri Indonesia 2023. Dia berharap hal ini akan memberikan dampak bagi pengembangan pariwisata Lampung secara nasional dan internasional.

"Kami sampaikan penghargaan dan ini suatu kebanggaan sekaligus menjadi peluang bagi Lampung untuk bisa lebih dikenal tidak hanya nasional namun di kancah internasional.  Lampung memiliki potensi budaya yang luar biasa dan keindahan alamnya. Kita punya Anak Gunung Krakatau, Taman Nasional Way Kambas  dan pantai-pantai yang indah di antaranya Pahawang, Teluk Kiluan, Tanjung Setia dan lainnya," jelas Riana.

“BCA sebagai bagian dari perbankan nasional menyadari peran perempuan yang penting dalam perekonomian Indonesia. Keterlibatan BCA dalam ajang Puteri Indonesia 2023 merupakan bentuk nyata komitmen kami dalam meningkatkan inklusivitas dan mengoptimalisasi peran perempuan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan perempuan, mempromosikan inklusivitas, serta mengeliminasi bias gender,” tutur Hera F. Haryn.
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan, jamu dan kesehatan selalu mendukung pemberdayaan dan kemajuan perempuan Indonesia melalui Pemilihan Puteri Indonesia.

“Pemilihan Puteri Indonesia merupakan komitmen PT Mustika Ratu Tbk sejak tahun 1992 yang bertujuan untuk membina remaja puteri Indonesia yang berprestasi agar dapat mengembangkan potensinya menjadi generasi penerus bangsa yang berperan aktif dan positif untuk memajukan produk produk asli buatan Indonesia, Mustika Ratu juga akan mempersembahkan produk Beauty Queen Series dan Bengkoang Series sebagai perawatan para puteri,” ujar Bingar Egidius.

Selama menjalani serangkaian masa karantina, 45 finalis Puteri Indonesia  menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di official hotel partner “ Hotel The Westin Jakarta dari tanggal 12 – 19 Mei 2023 dan mendapatkan kemanjaan dengan relaksasi dan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa.
Mereka juga  akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan pembekalan dan kelas diantaranya Beauty Class dan Product Knowledge bersama Mustika Ratu, kelas koreografi, pembeklalan dari  BPOM, pembekalan dari KemenPPPA, pembekalan dari Kemenpora, pembekalan dari Provinsi Lampung, kelas beasiswa dari UI, BSI, UMN dan IPMI, Sharing class dengan tiga ratu dunia , Motion challenge, Psikotest, Welcome dinner di Hutan Kota Plataran, Talent Show dan Traditional costume, Pre eliminary dan kegiatan lainnya.

Pada Malam Grand Final Puteri Indonesia 2023 nanti akan ada beberapa Designer, Make Up Artist dan Stylist yang akan mensupport yaitu Bubah Alfian yang akan membantu sebagai Director Make Up dan Hair do, Revashion yang akan membantu sebagai Stylist, Kelana Limster & Kimmy Jayanti akan membantu stage act dan catwalk dan Talk Up Indonesia akan membantu Public Speaking.

Para finalis juga akan memperagakan busana-busana hasil karya desaigner anak negeri, untuk parade 45 finalis akan memakai opening dress karya Tommy Yudhis & Crown Textile dengan menggunakan perhiasan dari Tulola. Untuk Top 15 akan memakai busana karya Aditya Dwi Cahya dengan perhiasan dari Amero, untuk Top 6 akan memakai busana karya designer Maison Baaz dengan perhiasan dari Amero, Top 3 dan 3 Ratu dunia akan memakai kebaya  karya Intan Avantie dan perhiasan dari Amero sedangkan TOP 3 Puteri Indonesia 2022 akan memakai Gown dari Designer Anaz, Kebaya untuk Edymar Martinez, Chanique Rabe, Ayu Maulida Putri akan memakai busana karya Topan Sapta dan sepatu heels dari Belagio.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2023 akan diselenggarakan Jumat (19 /5) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang akan dihadiri oleh Miss International 2022, Jasmin Selberg dari Jerman, Miss Supranational 2022, Lalela Mswane dari Afrika Selatan  dan Miss Charm 2023, Luma Russo dari Brasil.

Ada beberapa gelar yang telah disiapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2023, Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Puteri Indonesia Pariwisata 2023, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, dan Puteri Indonesia Favorit. Dan untuk pemenang Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti, Miss International, Miss Supranational dan Miss Charm  juga akan mendapatkan beasiswa S2 dari Universitas Indonesia, IPMI dan BSI.

Puteri Indonesia 2023 bekerjasama dengan aplikasi Netzme juga akan memberikan kesempatan dan peluang yang lebih besar kepada 45 finalis Puteri Indonesia untuk meraih gelar Puteri Indonesia dengan memberikan dukungan sebanyak banyaknya melalui vote kepada finalis yang didukungnya.

Acara ini juga akan disiarkan langsung oleh televisi nasional SCTV, selain juga live streaming melalui youtube dan sosial media asset Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu yang dapat di saksikan dari seluruh dunia.

Kesuksesan acara Pemilihan Puteri Indonesia 2023 dan kunjungan 3 Ratu Dunia  tidak terlepas dari dukungan Mustika Ratu, Pemerintah Provinsi Lampung, HIPMI Lampung, Bank BCA, Indomaret, Amero, Garantea, Hartono Wira Tanik, YOUC1000, Meccaya, The Westin Jakarta, Teta Aesthetic Clinic, Christ Vera, Shine U Eyelashes, 5Asec, Bellagio, Bubah Alfian, Revashion, Kimmy Jayanti, Kelana Limster, Novia Pramushinta, Ronny Ario Joewono, Hutan Kota Plataran, Universitas Indonesia, IPMI International Business School, Universitas Multimedia Nusantara, Pure Dental, Talk Up Indonesia, Wall Street English, Paradigm Fitnes, Sekayu Catering, Tapalunia, Fleur Florist, Dome Senayan Park, SCTV, Oppal, IDN Times, Popbela, Rewind Booth, Rudy Photografi, Netzme.
logo.png

GEDUNG GRAHA MUSTIKA RATU LT.PH

Jl. Gatot Subroto No.74-75, RT.2/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870

Follow Us

Copyright © Puteri Indonesia 2021
Iveenven