• Home
  • News
  • Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana Wakil Indonesia di Ajang Miss Supranational 2019

Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana Wakil Indonesia di Ajang Miss Supranational 2019

Jakarta, 5 November 2019 - Miss Supranational adalah kontes kecantikan yang diprakarsai oleh World Beauty Association dengan kantor pusat di Panama, yang diadakan sejak tahun 2009.

Kini di tahun ke tujuh, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dengan dukungan penuh dari PT Mustika Ratu Tbk kembali mengirimkan perwakilannya, Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana Martasari ke ajang Miss Supranational 2019 yang akan berlangsung di negara Polandia. Perempuan yang merupakan sarjana jurusan Manajemen dari Institut Teknologi Bandung dan fokus menjadi pengusaha ini akan bersaing dengan teman-teman finalis dari negara lainnya dalam karantina Miss Supranational 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 18 November 2019 dan Grand Final yang akan digelar pada tanggal 6 Desember 2019 di MCK International Congress Center Katowice, Polandia.

Semua persiapan yang dilakukan Jesica tak lepas dari dukungan penuh Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk, yang sangat peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan Internasional.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, ajang ini merupakan kontes kecantikan internasional ketiga yang diikuti oleh YPI, disamping Miss Universe dan Miss International. “Dengan keikutsertaan Puteri Indonesia Pariwisata dalam ajang ini tentunya sangat efektif untuk mempromosikan Indonesia sekaligus mengenalkan potensi Indonesia di hadapan para peserta yang berasal dari berbagai negara” ungkap Putri saat konferensi pers keberangkatan Puteri Indonesia Pariwisata ke ajang Miss Supranational 2019 di Aula Sasono Wiwoho, Jl. Ki Mangunsarkoro 69, Menteng Jakarta Pusat, Senin (5/11).

Pada ajang Miss Supranational 2019, Jesica akan menampilkan tarian sebagai bagian dari unjuk bakat yang akan ditampilkan disana. Sebagai duta bangsa, Jesica juga akan membawakan oleh-oleh untuk seluruh peserta berupa produk kecantikan dari Beauty Queen Series Mustika Ratu yaitu palet makeup miliknya, The Queen In Me Jesica Limited Edition Palette.

Terinspirasi dari sembilan Bali Baru, sesuai dengan gelar Puteri Indonesia Pariwisata yang disandang Jesica Fitriana Martasari, terciptalah palet makeup Magnificent Nusantara yang terdiri dari 5 warna highly pigmented eye shadow, 1 warna highlighter, 1 warna contour, 1 warna blush on dan 1 warna lipstick. Warna-warna yang bold dan eksotis sesuai dengan kepribadian Jesica, dipersembahkan bagi seluruh bangsa di dunia untuk ikut menikmati keindahan sembilan Bali Baru di Indonesia.

Yayasan Puteri Indonesia telah mengirim 6 kali yaitu pada tahun 2013 mengirimkan Cok Istri Krisnanda Widani - Runner Up II Puteri Indonesia 2013 dan mewakili Indonesia pada kontes Miss Supranational 2013 yang meraih posisi Runner Up III. Selanjutnya disusul oleh Puteri Indonesia Pariwisata 2014 Estelita Liana yang berhasil meraih penghargaan Best National Costume yang mengambil tema Warrior Princess of Borneo di Miss Supranational 2014 dan di tahun 2015, Puteri Indonesia Pariwisata 2015 Gresya Amanda yang meraih prestasi Best National Costume yang mengambil tema Mystical Toraja karya Dynand Fariz dan meraih posisi 30 besar (posisi ke 24) dan 10 Besar Best Evening Gown, Puteri Indonesia Pariwisata 2016, Intan Aletrino meraih prestasi Top 7 dan Miss Popular Vote Miss Supranational 2016, Puteri Indonesia Pariwisata 2017, Karina Nadila meraih prestasi Top 25 dan Miss Popular Vote Miss Supranational 2017 dan di tahun 2018, Puteri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir berhasil meraih 3 prestasi sekaligus yaitu Runner Up III Miss Supranational, Best National Costume serta Miss Supramodel Asia 2018.

Sebagai wakil Indonesia, perempuan yang lahir di Bogor pada tanggal 31 Maret 1995 ini telah melakukan banyak persiapan. Tidak ingin kalah dari senior-seniornya yang meraih prestasi di Miss Supranational, Jesica pun bertekad untuk membawa pulang gelar Miss Supranational 2019 ke Indonesia. Berbagai persiapan selama 7 bulan telah dijalani, salah satunya adalah belajar merias wajah dan tata rambut sendiri, “Sejak awal terpilih menjadi Puteri Indonesia Pariwisata 2019, saya sudah melatih untuk melakukan persiapan yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Sari Royal Heritage Spa, mempelajari teknik merias wajah dan rambut sendiri yang langsung diajarkan oleh Tim Profesional Make Up Artist Mustika Ratu dengan menggunakan pula produk-produk unggulan dari Mustika Ratu Beauty Queen Series,” ungkap Jesica.

Selain itu, Jesica juga mendapatkan banyak pembekalan di berbagai bidang seperti kelas Table Manner dari LPPMS (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo), pembekalan tentang current issues, filosofi dan filsafat oleh Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Wardiman Djojonegoro, kelas Bahasa Inggris dengan personal native oleh Wall Street English, pembentukan tubuh (gym) di Celebrity Fitness. Jesica juga mendapat perawatan gigi dari Pure Dental serta perawatan wajah dari Klinik Dermaster Indonesia.

Dalam beberapa tahun ini, Jesica bergabung sebagai aktivis terhadap anak-anak yang terinfeksi penyakit HIV/AIDS yang diturunkan orang tuanya. Dengan banyaknya kasus mengenai HIV/AIDS yang menimpa anak-anak dan orang muda, ia berharap dengan gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2019 menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi positif kepada masyarakat sekitar, terutama untuk menarik keperdulian masyarakat terhadap penderita HIV/AIDS dalam menghapus stigma terhadap para penderita HIV/AIDS. Dan pada acara konferensi pers, Jesica bangga dapat tampil diiringi dengan anak-anak penderita HIV/ AIDS (ADHA) bimbingannya yang menggunakan baju daerah.

Yayasan Puteri Indonesia kembali mempercayakan kepada Jember Fashion Carnaval (JFC) untuk menciptakan kostum nasional khas Sumatera Utara yang bertemakan The Precious, Boru ni Raja. Suatu simbol dan konsep dari kepribadian wanita Batak yang sangat melekat dalam nilai-nilai kehidupan. Boru ni raja merupakan sosok yang senantiasa menjaga martabat dan kehormatannya, ia sangatlah berharga. Boru ni raja menjadi teladan dan inspirasi atas segala nilai nilai luhur yang tercermin dalam tiap aspek kehidupannya. Kemewahan terpancar begitu kuat dari dalam dirinya, hingga tak satupun dapat membantah pesonanya. Boru ni raja memiliki karakter dan kepribadian yang begitu kuat, tegas dan pemberani, pekerja keras dan mandiri, serta pribadi yang menjunjung tinggi nilai nilai kesetiaan.

Jesica pun juga akan membawa evening gown karya desainer lokal berbakat yaitu Diana M Putri. Gaun ini mengangkat kain tenun NTT yang dipadukan dengan desain yang modern. Gaun sheer ini memiliki warna-warna earthy with a pop of rubies, dimana bagian bodice gown ini dipercantik dengan strategic placement dengan batu-batu etnik berbentuk heart shaped untuk membentuk tubuh Jesica. Sedangkan the lower part of the gown dipilih kain tenun NTT yang distrategikan dengan simetris dengan middle slit. Secara totalitas, gaun ini mengangkat kain tenun NTT with a sexy yet classy touch secara strategis.

Adapun selama masa karantina berlangsung, Jesica akan membawa busana dari desainer lainnya seperti Diana M Putri, Aditya Dwi Cahya, Tommy Pancamurti, Kebaya Anne Avantie dan Kostum Nasional dari Jember Fashion Carnaval. Sedangkan untuk aksesoris akan mengenakan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Le Ciel Design, Elizabeth Wahyu dan Manjusha Nusantara.

Keikutsertaan Jesica di ajang Miss Supranational 2019 diharapkan dapat meraih kembali prestasi Miss Supranational 2019 dan juga dapat mempromosikan pariwisata dan budaya bangsa serta produk produk asli Indonesia di dunia Internasional.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang telah memberikan dukungan untuk memberangkatkan Puteri Indonesia ke ajang internasional, serta dukungan para sponsor seperti Mustika Ratu, Taman Sari Royal Heritage Spa, Beauty Queen Series by Mustika Ratu, Klinik Dermaster Indonesia, Pure Dental, Celebrity Fitness, Yosep Sinudarsono, Le Ciel Design, Diana M Putri, Jember Fashion Carnaval, Anne Avantie, Albert Yanuar, Maision, Aditya Dwicahya, Nico Nico Mare, Hartono Wira Tanik, Elizabeth Wahyu, Wall Street English, 5asec, Ronny Ario Joewono, Denny Tjan, Robin Alfian, Hartono Hosea, Celebrity Fitness, Priyo Octaviano, Manjusha Nusantara, Langkah by Lina Lee, Yuana Tanaya Batik, Tommy Panca Murti, Amelia Jang dan Mangia Diet Catering.

Untuk informasi lebih lanjut:                                        

Shaskia Maulidina

Marketing Communication

  1. Mustika Ratu Tbk.

Mobile           : 0818 0500 9650

Phone : (021) 830 6754

E-mail            : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.