• Home
  • News
  • Keragaman dalam Satu Indonesia Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu Gelar Pemilihan Puteri Indonesia Ke 23 Tahun 2019

Keragaman dalam Satu Indonesia Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu Gelar Pemilihan Puteri Indonesia Ke 23 Tahun 2019

 

Jakarta, 27 Februari – Yayasan Puteri Indonesia (YPI) didukung penuh oleh Mustika Ratu kembali menggelar ajang tahunan Pemilihan Puteri Indonesia ke 23 tahun 2019 dengan mengusung tema “Satu Indonesia“ yang menggambarkan persatuan satu bangsa yang besar dengan keanekaragaman yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai warna, suku, budaya dan agama yang berbeda yang terhimpun dalam Bhineka Tunggal Ika.

  

Melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia “Satu Indonesia“ bertujuan mempererat persatuan dan persaudaraan para remaja Indonesia dan warga Negara Indonesia pada umumnya guna menciptakan perdamaian, persatuan, kesejahteraan dan pembangunan bangsa.

Pemilihan Puteri Indonesia tahun 2019 ini, Yayasan Puteri Indonesia dengan bangga mengangkat kekayaan alam dan budaya Nusa Tenggara Barat yang sangat eksotis akan keindahan dan kekayaan alam dan budayanya, hal ini sesuai dengan komitmen Presiden Jokowi dan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan kembali Nusa Tenggara Barat setelah dilanda bencana gempa bumi untuk bangkit kembali sebagai salah satu pesona wisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara maupun lokal.

Finalis Puteri Indonesia 2019 yang mewakili dari 34 provinsi kini telah berada di Jakarta untuk mengikuti press conference Pemilihan Puteri Indonesia 2019 yang diselenggarakan di Kridangga Ballroom , Hotel Century Park, Jakarta, Rabu (27/2). Sebanyak 39 finalis yang berprofesi sebagai mahasiswi, dokter, model, presenter, karyawati, pengusaha dari 34 provinsi siap berkompetisi untuk memperebutkan mahkota borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Hadir sebagai Panelis dalam Konferensi Pers Puteri Indonesia 2019, Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Wardiman Djojonegoro, VP-Head Of Traffic Management Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, Marketing Communication Manager Hotel Century Park, Febrityas Putri Dwilarasati, Puteri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra, Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Vania Fitryanti Herlambang dan Puteri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir dan pembawa acara dipandu oleh Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelitha dan Puteri Indonesia Pariwisata 2017, Karina Nadila.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa tema “Satu Indonesia “ dipilih untuk menumbuhkan semangat persatuan dan perdamaian agar dapat berperan positif dan kreatif untuk menumbuhkan potensi tanah air melalui remaja puteri Indonesia dalam membangun negeri diberbagai bidang, serta menjadi panutan bagi generasi muda untuk memperkuat kebhinekaan Bangsa. Kami ingin mendorong para remaja puteri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka serta kecintaan akan negeri dengan cara yang positif. Para finalis PPI 2019 ini punya berbagai macam kreativitas dan potensi yang beragam,” tutur Putri saat konferensi pers di Jakarta, (27/2).

Pada saat karantina, 39 finalis Puteri Indonesia 2019 akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan diantaranya beauty class dan product knowledge bersama Mustika Ratu, koreografi, pembekalan dari Dr. Cri Puspa Dewi Motik Pramono, MSc, pembekalan etika berbusana dan table manner, pembekalan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olagraga, Audiensi bersama Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), pembekalan dari Menteri Pariwisata, pemaparan advokasi para finalis dan kegiatan sosial dengan mengunjungi Yayasan Jeera di Rumah Tahanan Kelas 1 Cipinang. Para finalis pun akan menjalani sesi psikotes oleh psikolog Poppy Amalya bahwa parameter penilaian dalam Pemilihan Puteri Indonesia yang dicita-citakan yakni sosok Puteri Indonesia yang memenuhi kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik), dan Behavior (berperilaku baik). Ditengah jadwal karantina yang padat, para finalis akan mendapatkan kemanjaan dengan relaksasi dan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa serta mendapatkan wawasan tentang dunia digital “Lazada Fun Digital Session” dari Lazada. Selama menjalani serangkaian masa karantina, para finalis menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di official hotel partner “ Hotel Century Park Jakarta dari tanggal 27 Februari -09 Maret 2019.

Para finalis juga akan memperagakan busana busana hasil karya designer anak negeri dalam acara fashion show Indonesia Berbasis Budaya bekerjasama dengan KADIN Industri Tradisional Berbasis Budaya dilanjutkan Peragaan Kostum Nasional ( National Costume) dan Malam Seni dan Budaya tanggal 4 Maret 2019 di Mall Gandaria City, dimana para finalis akan menunjukkan keterampilan dan bakatnya yang mewakili seni dan budaya daerahnya masing-masing. Dari unjuk bakat ini akan terpilih 3 nominasi Puteri Berbusana Tradisional Terbaik dan 3 nominasi Puteri Berbakat Terbaik. Pemenang Puteri Indonesia berbusana Tradisional Terbaik akan mendapatkan sejumlah uang tunai dari Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya yang diumumkan saat malam Grand Final Puteri Indonesia 2019.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2019 akan diselenggarakan Jumat (08/3) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang disiarkan secara langsung di SCTV dan live streaming di official Fanpage Puteri Indonesia dan Fanpage Mustika Ratu yang dihadiri oleh Miss Universe 2018, Catriona Gray dari Filipina, Miss International 2018, Mariem Claret Velazco Garcia dari Venezuela dan Miss Supranational 2018 Valeria Vazquez dari Puerto Rico. YPI sebagai satu-satunya licence holder Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational di Indonesia berhak mendatangkan Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational untuk menghadiri Pemilihan Puteri Indonesia.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menjelaskan bahwa ada beberapa gelar yang telah YPI siapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2019, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan. Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan dipilih berdasarkan polling melalui sosial media untuk 6 kepulauan di Indonesia. Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Sumatera, Puteri Indonesia Favorit Sosial media Kepulauan Jawa, Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Kalimantan, Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Sulawesi, Puteri Indonesia Favorit Sosial Kepulauan Nusra-Bali, dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Indonesia Timur. Dan untuk Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational dan untuk 3 pemenang Puteri Indonesia terpilih juara 1,2 dan 3 akan mendapatkan beasiswa S2 dari PPM serta 3 Puteri Indonesia Intelegensia terpilih akan mendapatkan 3 beasiswa penuh dari IPMI dan Puteri Indonesia berbakat serta Puteri Indonesia Busana Tradisional terbaik akan mendapatkan beasiswa S2 dari Bina Sarana Informatika (BSI).

Pada malam grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2019, para finalis akan tampil memukau dengan Make up dari Mustika Ratu Beauty Queen Series, busana dengan kain-kain asli Indonesia dengan warna dan khas Nusa Tenggara Barat sebagai produk industri tradisional berbasis budaya melalui desaigner anak bangsa seperti Eko Tjandra, Hans Sallam, Anaz Khairunaz, Metty Choa, Intan Avantie, Anne Avantie, Fery Sunarto yang semuanya memilki ciri khas Touch of NTB , dan perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT) serta Elizabeth Wahyu dan sepatu dari Noche.

Kesuksesan acara Pemilihan Puteri Indonesia 2019 dan kunjungan Miss Universe 2018 tidak terlepas dari dukungan para sponsor di antaranya Mustika Ratu, Lazada, Citrus, Hotel Century Park, Official Laundry 5asec, Dermaster Klinik Indonesia, Perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Taman Sari Royal Heritage Spa, Whyndam Sundacer Resort, LPPMS, Celebrity Fitnes, Pure Dental, Wall Street English, PPM, IPMI, BSI, Gandaria City, Double L Umo, Yosep Sinudarsono, Maison, Arturo Fashion, Diana M. Putri, Fritz Panjaitan, Official Photogrefer Ronny Joewono, Robin Alfian, Deny Tjan, Hartono Hosea, Andie Makawaru, Rudi Hartono, serta media partner SCTV, Media Indonesia, Liputan6.com, Video.com dan KLY group.